Pemerintah Kabupaten Bantul kembali mendapatkan penghargaan dari Badan Informasi Geospasial (BIG) pada ajang Bhumandala Award Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022). Dalam ajang tersebut, Pemerintah Kabupaten Bantul menyabet piala Bhumandala Rajata dan Bhumandala Kencana dengan kriteria Simpul Jaringan dan Geoportal terbaik untuk kategori Kabupaten. 

 

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M. Sc., yang mewakili Bupati untuk menerima penghargaan menyampaikan apa yang didapatkan Pemerintah Kabupaten Bantul dalam Bhumandala Award  berkat kerja keras semua pihak. Oleh karenanya, kinerja tersebut harus terus dilanjutkan agar berdampak pada kepentingan masyarakat luas.

 

“Pemerintah Kabupaten Bantul dinilai berhasil menyelenggarakan dan mengembangkan pemanfaatan Informasi Geospasial yang memiliki komponen lima pilar Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN), diantaranya adalah kebijakan, kelembagaan, sumber daya manusia, standar, dan teknologi,” ujarnya.

 

 

Kepala BIG, Muhammad Arif Marfai mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima oleh para pemenang nominasi. Ia juga berharap ajang ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak.

 

“Penganugerahan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada kita semua serta meningkatkan semangat kita bersama dalam pengelolaan informasi geospasial dalam kementerian, lembaga, pemerintah daerah, maupun Pemerintah Provinsi dan Kabupaten atau Kota dalam upaya membangun pilar-pilar infrastruktur informasi geospasial,” tandas Arif Marfai.

 

Penyelenggaraan Bhumandala Award Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial telah memasuki tahun keempat sejak pertama kali diselenggarakan tahun 2014. Dalam perjalanannya, proses monitoring dan evaluasi terhadap kinerja simpul jaringan selalu disinergikan dengan Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional. (Ang)