Dalam rangka peningkatan kapasitas walidata pendukung dalam melaksanakan ketugasannya sebagai bagian dari Tim Penyelenggara Satu Data Indonesia Kabupaten Bantul sebagaimana ditetapkan dalam SK Bupati Nomor 272 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Bupati Bantul Nomor 80 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Penyelenggara Satu Data Indonesia Kabupaten Bantul, maka diperlukan pelatihan pengolahan data geospasial. 

 

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaksanakan Workshop Penyelenggaraan Informasi Geospasial Kabupaten Bantul Tahun 2022 yang diselenggarakan secara daring dan luring dengan tema ”Perbaikan Tata Kelola Data Geospasial Berkualitas Guna Kabupaten Bantul yang Lebih Baik” yang diikuti oleh seluruh walidata pendukung OPD di Kabupaten Bantul, Senin-Selasa, 12-13 Desember 2022.

 

 

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M. Sc., membuka acara Workshop Penyelenggaraan Informasi Geospasial Kabupaten Bantul Tahun 2022 dan menyampaikan harapan dari pelaksanaan workshop ini agar kualitas penyelenggaraan informasi geospasial yang sudah dilakukan akan semakin lebih baik, kompetensi walidata semakin baik dan datanya semakin berkualitas sehingga jika ketiga hal ini bisa maju bersama maka kita mampu mewujudkan Tata Kelola Data Geospasial Berkualitas dan membumi serta untuk hasil evaluasi dari simpul jaringan Kabupaten bantul diharapkan dapat di tindak lanjuti sehingga menjadi lebih baik dan dapat di nikmati oleh masyarakat secara luas pada Senin (12/12/2022) melalui zoom meeting.

 

Dalam workshop ini, Materi pertama disampaikan Koordinator Kelembagaan dan Pembinaan Simpul Jaringan, Badan Informasi Geospasial Aris Haryanto, S.Kom, MT terkait Rekomendasi Tindak Lanjut Evaluasi Kinerja Simpul Jaringan Kabupaten Bantul dan materi kedua oleh Surveyor Pemetaan Muda, Badan Informasi Geospasial Nurul Hidayah, S.T., M.T. mengenai Pengumpulan dan Pengolahan Data Geospasial yang diikuti oleh seluruh walidata pendukung OPD Bantul. 

 

 

Workshop pada hari kedua, Kepala Bidang Tata Kelola E-Goverment, Aplikasi Informatika dan Statistik Sri Mulyani, S.STP., M.Eng membuka Pelatihan Pengolahan Geospasial dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh walidata pendukung Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bantul atas partisipasi dan dukungannya sehingga Pemerintah Kabupaten Bantul kembali mendapatkan penghargaan piala Bhumandala Rajata dan Bhumandala Kencana dengan kriteria Simpul Jaringan dan Geoportal terbaik untuk kategori Kabupaten dari Badan Informasi Geospasial (BIG) pada Selasa (13/12/2022) di Ros In Hotel Jogja.